Minggu, 02 Mei 2010

hari pendidikan?

kali ini, aku mau ngepost blogku dalam bahasa indonesia, karena mungkin yang mau kuceritakan ini terlalu susah untuk kuceritakan dalam bahasa inggris. (maklum bu, belum lancar saya, hehehe..)

aku barusan nonton tv, di acara 'John Pantau'. kali ini, temanya tentang hari pendidikan .

ada cerita tentang Pak Mahmud. beliau bekerja sebagai kepala sekolah dan guru di salah satu SMP di Jakarta. selain itu, Pak Mahmud juga menyambi pekerjaan lain, yaitu...


menjadi pemulung.


yaph, aku gak salah ketik kok kawan-kawan. beliau sudah mengabdi menjadi guru selama 31 tahun (1979-2010), namun sampai sekarang statusnya masih guru honorer, belum menjadi pegawai negeri. terakhir, menurut pengakuan beliau, gajinya sebesar 300 ribu rupiah per bulan.(!) anaknya 3, semua kuliah, semua drop out, dengan alasan yang sama: tidak bisa bayar uang semester.

well, cerita itu benar-benar membuatku syok, dan sekaligus bersyukur karena orangtuaku masih mampu membiayaiku sekolah, bahkan kadang-kadang (alhamdullillah) ada kelebihan yang membuat kami bisa jalan-jalan kemana-mana. sedangkan keluarga Pak Mahmud, menurut pengakuan beliau, hanya untuk membeli beras seminggu harus menunggu hasil dari memulung, yang terkadang bahkan lebih besar dari penghasilan Pak Mahmud menjadi guru.

satu perkataan dari Pak Mahmud yang cukup mengena,
'kenapa harus malu memulung? orang yang korupsi aja gak malu kok, sampai bisa minta mobil baru. dia (koruptor) aksinya diketahui orang se-Indonesia, saya kan paling-paling yang tahu hanya murid dan sesama guru.'


hari ini, tanggal 2 Mei, adalah Hari Pendidikan Indonesia. namun, ternyata masih ada pahlawan tanpa tanda jasa kita yang bernasib seperti itu. so, BAGI YANG MERASA, masih mau korupsi?

SELAMAT HARI PENDIDIKAN!(?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar